Silver Package, Gold Package, Platinum Package, Diamond Package

Wedding Package, Pernikahan Perak/Emas, Khitanan, Walimathul Shafar, Meeting, Reuni, Seminar, Launching Product, Gathering, Open House.

Tidars Catering

TidarsCatering.com | Tak mudah memang mempersiapkan resepsi pernikahan apalagi minimnya pengetahuan dan biasanya tak jarang banyak pasangan yang menggunakan jasa WO (Wedding Organizer), tentunya budget yangg dikeluarknpun cukup tinggi dikarenakan mahalnya jasa WO tersebut.

Namun bagaimana jika Anda harus mempersiaapkannya sendiri tanpak jasa dari WO? Di sini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk resepsi pernikahan agar terlaksana dengan baik.

1. Waktu
Usahaakaan resepsi dilaksanakan di hari libur ataupun weekend hari sabtu dan minggu. Hari sabtu malam menurut saya merupakan waktu terbaik dalam penyelenggaraan resepsi karena di malam minggu biasanya lebih banyak orang yang bias meluangkan waktu untuk menghadiri resepsi dan mereka cenderung lebih santai dan lebih betah di bandingkan dengan hari minggu malam senin, biasanya para tamu undangan lebih cenderung ingin cepat untuk pulang mengingat keesokan harinya mereka harus bekerja. Disamping itu waktu resepsi bisa lebih panjang jika dibandingkan sabtu siang ataupun minggu siang yang biasanya hanya sampai jam 2 sore, karena biasanya gedung akan dipakai kembali untuk acara lain.

2. Tempat
Untuk mencari gedung atau tempat resepsi sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sebelum resepsi dilaksanakan apalagi jika tanggal resepsi anda merupakan tanggal favorit seperti tanggal 12-12-12 karena biasanya di tanggal favorit seperti ini banyak pasangan yg sama-sama ingin melaksanakaan resepsi pernikahan mereka, jadi jika anda ingin mendapatkan gedung resepsi terbaik carilah minimal 6 bulan sebelum resepsi itu berlangsung daan jangan lupa untuk langsung memberikan DP sebagai tanda jadi agar tempat yang sudah di pesan tidak di berikan ke pasangan lain. Adapun untuk pelunasannya biasanya dilakukan 1-2 pekan sebelum acara tersebut.

3. Catering
Catering merupakan bagian yg sangat penting untuk menentukan sukses tidaknya suatu acara resepsi. banyak hal yang terjadi ketika salah memilih catering diantaranya:· Makanan yang dihidangkan jumlahnya tidak sessuai dengan yang kita pesan.· Acara sudah dimulai tapi makanan belum siap.· Makanan yang dihidangkan basi.· Dll.Untuk menghindari hal tersebut baiknya kita cari rekomendasi dari gedung atau tempat yang akan kita pakai, karena biasanya gedung telah telah memiliki beberapa rekanan dengan catering, kita bias menanyakan catering mana yang lebih sering di pakai atau lebih sering tampil, semakin sering tampil semakin baik biasanya catering tersebut lebih berpengalaman dan bias dipercaya .Setelah kita memiliki beberapa rekomendasi ada baiknya kita mencari tahu lebih lanjut tentang catering tersebut kita bias berkunjung ke kantornya, lakukan test food untuk makanan yang akan kita pesan, lakukan test food ketika catering itu sedang melaksanakan resepsi/even jadi kita bisa sekaligus melihat kredibelitas mereka dalam menyelenggarakan resepsi/even. Penting untuk berkunjung langsung ke dapur/pentri tempat diprosesnya makanan tersebut untuk memastikan seteril atau tidaknya dalam peruses pengolahannya.

4. Dekorasi dan Pelaminan
Jika kita gakmau ribet untuk lebih memudahkan kita dalam controlling sebaiknya ambil dekorasi dan pelaminan dari catering yang kita pesan biasanya banyak catering yang menyediakan makaanan plus dekorasi dan pelaminan dalam satu paket, dan pastinya bisa lebih hemat .

5. Panitia
Untuk memper mudah dalam mengontrol kelangsungan acara resepsi baiknya bentuk panitia, minta beberapa teman kita untuk jadi panitia dalam resepsi kurang lebih 4–10 orang. Beri mereka tugas:

I. Seksi Konsumsi min 2 orang
Seksi Konsumsi bertugas mengecek seluruhperalatan makaan (piring, sendok, garpu, gelas) sesuaikan jumlah peralatan makan dengan makanan yang di pesan, pastikan agar semua makanan yang dipesan sampai gedung maksimal 2 jam sebelum acara dimulai dan satujam sebelum acara makanan sudah siap di tempatnya baik buffet, pondokan maupun dissert. Pastikan pada saat berlangsunguntukmengontrol menu buffet, pondokan, dissert agar tidak ada yang kosong jika ada yang kosong mintalah petugas waiter untuk segera menisinya.

II. Seksi Among Tamu min 2 orang
Among tamu bertugas untuk menyambut tamu tamu penting, mendahulukan tamu penting tersebut untuk memberikan ucapan selamat terlebih dahulu serta meminta fotografer untuk mengabadikannya di pelaminan dan mempersilahkan tamu tersebut untuk masuk ke ruang makan khusus VIP yang telah di sediakan dan memastikan tidak ada tamu lain yang masuk keruang VIP tersebut.

6. Pelaksanaan Resepsi
Dalam pelaksanaan resepsi dapat dilakukan denganmengikuti prosesi Adat Daerah, Nasional maupun Internasional. Terkadang karena keterbatasan kita akan tatacara tersebut kita memutuskan untuk memakai jasa WO, padahal tanpa jasa WO pun sesungguhnya kita bisa karena pengetahuan akan tatacara tersebut bisa kita konsultasikan dengan pihak catering dan pasti catring akan memberikan informasi sesuai dengan pengalaman mereka dalam menyelenggarakan resepsi.

Semoga sedikit pengetahuan saya ini bisa menjadi informasi yangberharga bagi anda.

Oleh Ade Lukman, sumber Kompasiana